Breaking News

Rabu, 16 Maret 2016

Sebut Pancasila 'Bebek Nungging', Zaskia Gotik bisa dipidana 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500.000.000,-

Zaskia Gotik.

Zaskia Gotik membuat guyonan dengan menyebut lambang sila kelima dari Pancasila adalah 'Bebek Nungging'. Guyonan Zaskia Gotik itu dilontarkan saat mengisi sebuah acara di stasiun televisi dalam segmen bertajuk 'Cerdas Cermat'.

Banyak yang menilai apa yang dilakukan Zaskia melecehkan lambang negara. Melecehkan lambang negara tentu ada sanksi berat sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Dalam UUD 1945 sudah mengatur berbagai hal yang menyangkut tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, yaitu dalam Pasal 35, Pasal 36 , Pasal 36A , Pasal 36B dan untuk implementasinya ke dalam UU diperintahkan melalui Pasal 36 C. Namun demikian Bendera, bahasa, dan lambang negara serta lagu kebangsaan hingga kini belum diatur secara lengkap dalam sebuah UU.

Selama ini pengaturan tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan diatur dalam beragam peraturan perundang-undangan antara lain (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang hanya mengatur tentang kejahatan (tindak pidana).

Dalam Pasal 57 b atau c atau d jo Pasal 69, Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000.

Netizen pun mem-bully Zaskia Gotik. Mereka menilai lambang negara tidak pantas dibuat guyonan bahkan dihina.

"Lawakanya ngawur, grupnya enggak ada yang benar, habis menghina orang, eh ternyata lambang negara sendiri juga dihina. Yang gelarnya sih sama saja."

"Lawakanya enggak bikin ketawa, bikin sakit hati masyarakat Indonesia," kata ariestmaulana01.

"Mbak tolong kalau becanda hati-hati dan pakai pikiran ya. Para pendiri bangsa merumuskan lambang negara dengan pemikiran dan kerja keras. Para pahlawan bangsa merebut kemerdekaan dengan taruhan nyawa, mbak seenaknya saja kalau bicara. Tolong kalau mau tampil di Tv belajar biar agak pintaran dikit. Kalau enggak bisa mending enggak usah ngomong. Diam lebih baik dan bisanya nyanyi sama goyang ya lakukan itu saja."



***


Bonus Freechips 5.000
Bonus Referral 20%
Bonus Cashback 0.3%
Pelayanan dan Proses Deposit / Withdraw Cepat

Untuk info lebih Lanjut :

Web : Domino365.com
Pin BBM : 5598274D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By